- Back to Home »
- DESAIN PEMBELAJARAN QUR'AN HADITS BERBASIS ICT
Posted by : Unknown
Sabtu, 14 Juni 2014
DESAIN
PEMBELAJARAN QUR'AN HADITS BERBASIS ICT
MATERI
KELAS VII SEMESTER GANJIL
Disusun untuk
memenuhi Tugas Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan
Dosen
DR.H.FATAH SULAIMAN
Disusun oleh :
Ajat
Sudrajat/7772130141.
Email: Ajat_ts@yahoo.com
TPm B/SEMESTER
III
PROGRAM STUDI
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PROGRAM
PASCASARJANA (S2)
UNIVERSITAS
SULTAN AGENG TIRTAYASA
2014
PROGRAM MAPPING
Nama Guru : Ajat Sudrajat
Nama sekolah : MTs Nurul Muhtadin
Mata Pelajaran : Qur’an Hadits
Kelas/Program : VIII
Semester
: 1
Kurikulum : KTSP
(Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan )
KTSP adalah
kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing
satuan pendidikan (PP No. 19 Tahun 2005 Bab I Pasal 1 butir 15).
Standar Kompetensi :
Membaca Al-Qur’an surah pendek pilihan
Menerapkan Al-Qur’an surat pendek
pilihan dalam kehidupan tentang ketentuan rizki
Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari
tentang kepedulian
sosial
Memahami
Hadis tentang tolong menolong dan
mencintai anak yatim
Kompetensi Dasar : 1.1 Menerapkan hukum bacaan
qalqalah, tafkhim, dan mad ‘arid lis-sukun dalam Al-Qur’an
Indikator : 1.2 Dapat menerapkan hukum bacaan qalqalah,
tafkhrm, dan mad ‘arid lis-sukun dalam Al_qur’an
Course
Method : VC
: 25% , Web-based 30%, 45% F2
Generic Form
Nama Guru : Ajat Sudrajat
Nama sekolah : MTs Nurul Muhtadin
Mata Pelajaran : Qur’an Hadits
Kelas/Program : VIII
Semester
: 1
Kurikulum : KTSP
(Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan )
KTSP adalah
kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing
satuan pendidikan (PP No. 19 Tahun 2005 Bab I Pasal 1 butir 15).
Standar Kompetensi :
Membaca Al-Qur’an surah pendek pilihan
Menerapkan Al-Qur’an surat pendek
pilihan dalam kehidupan tentang ketentuan rizki
Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari
tentang kepedulian
sosial
Memahami
Hadis tentang tolong menolong dan
mencintai anak yatim
Kompetensi Dasar : 1.1 Menerapkan hukum bacaan
qalqalah, tafkhim, dan mad ‘arid lis-sukun dalam Al-Qur’an
Indikator : 1.2 Dapat menerapkan hukum bacaan qalqalah,
tafkhrm, dan mad ‘arid lis-sukun dalam Al_qur’an
No.
|
Standar
Kompetensi (SK)
|
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Pokok Bahasan
|
F2F
|
Video
Conference
|
Web-based
course
|
|
1.Membaca Al-Qur’an surat pendek
pilihan
|
1.1.
Menerapkan
hukum bacaan mad layyin, mad ‘aridl lissukundalam QS Al Kautsar dan Al
Maun
|
-
Hukum bacaan
mad layyin dan ‘aridl lissukun
-
QS Al Kautsar dan Al Maun
|
V
|
|
|
|
1.
|
1.2. Menerapkan hukum bacaan mad iwadl, mad
badal, dan mad tamkin dalam Al-Qur’an
|
-
Hukum bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin
-
Al-Qur’an
|
V
|
V
|
|
|
2. Menerapkan Al-Qur’an surat pendek pilihan dalam kehidupan tentang
ketentuan rizki
|
2.1.
Memahami isi
kandungan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizki dari
Allah
|
-
Terjemahan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
-
Isi kandungan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
|
|
|
V
|
|
|
2.2.
Memahami
ke-terkaitan isi kan-dungan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan
rizki dalam kehidu-pan
|
-
Pengertian
rizki
-
Macam-macam
ke-tentuan rizki
-
Contoh
tentang ketentuan rizki dalam kehidupan
-
isi kandungan QS Al Quraisy dan Al In-syiroh dedngan
ketentuan rizki dalam ke-hidupan
|
|
V
|
V
|
|
|
2.3.
Menerapkan
isi kandungan Q.S Al-Quraisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rezeki dari
Allah dalam kehidupan
|
-
isi kandungan
Q.S Al-Quraisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam
kehidupan
-
Macam-macam
ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan
-
Contoh tentang ketentuan rezeki dari
Allah dalam kehidupan
|
|
V
|
V
|
|
Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek
pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang kepedulian
sosial
|
4.1.
Menulis Hadis
tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
|
-
Terjemahan QS Al Kautsar dan Al Ma’un
-
Isi kandungan QS Al Kautsar dan Al Ma’un tentang kepedulian
sosial
|
V
|
|
|
|
Memahami Hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
|
4.2.
Menerjemahkan
makna Hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
|
-
fakta
kehidupan so-sial masyarakat yang ada dalam kehidupan
-
contoh
perilaku orang yang hidup hanya memikirkan diri sendiri
-
Cara hidup
berma-syarakat yang sesuai dengan perintah agama
-
contoh
perilaku orang yang peduli terhadap lingkungan sosial sesuai dengan isi
kandungan Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un
|
|
V
|
V
|
|
|
4.3.
Menghafal
Hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
|
-
Hadis
tentang tolong menolong
-
Hadis tentang
mencintai anak yatim
|
V
|
|
V
|
|
|
4.4.
Menjelaskan
keterkaitan isi kandungan Hadis dalam perilaku tolong menolong dan mencintai
anak yatim dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
|
-
Isi kandungan
Hadis tentang tolong menolong
-
Contoh perilaku tolong menolong dalam fenomena
kehidupan
-
Batasan tolong menolong yang dianjurkan dan dilarang
agama
-
Isi kandungan Hadis tentang mencintai anak yatim
-
Contoh cara
mencintai anak yatim
-
Keutamaan
mencintai anak yatim
|
V
V
|
|
|
Program Mapping
Web Based Form
Nama Modul : Al-Qur’an surah pendek
pilihan
Pengajar : AJAT SUDRAJAT
Standar Kompetensi
1. Membaca
Al-Qur’an surat pendek pilihan
Kompetensi Dasar
1.1 Menerapkan
hukum bacaan mad layyin, mad ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al
Maun
Indikator
|
Materi
(pokok
bahasan, sub
pokok
bahasan)
|
Objek Ajar
|
Interaksi (Komunikasi)
|
Aktivitas Belajar Siswa
|
Sumber belajar dan
(url)
|
Alokasi Waktu
|
||||||
Teks
|
Presentsi
|
Gambar
|
Audio
|
Video
|
Simulasi
|
Asessment
(kuis,
tugas, self-test, tes formatif, tes sumatif)
|
||||||
-
Menjelaskan hukum bacaan mad layyin, ‘aridl
lissukun
-
Mengidentifikasi mad layyin dan ‘aridl
lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al Maun
Mengaplikasikan
bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al Maun
|
Hukum bacaan mad layyin dan ‘aridl
lissukun QS Al Kautsar dan
Al Maun
|
-
Macam-macam pelapukan batuan
-
Macam-macam tanah
|
Menemukan tunjukan jenis-jenis pelapukan
|
-
|
-
Menjelaskan tentang mad layyin, ‘aridl lissukun
|
|
Di dalam kelas
|
Jenis Tagihan:
-
Tugas Individu, tugas kelompok, ulangan.
Bentuk instrumen:
-
Tertulis
- Lisan
|
-
Guru
-
Siswa
-
Lingkungan
Sekolah
|
Menjelaskan hukum bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun
Mencari mad layyin, ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar
dan Al Maun
Mempraktikkan
bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun dalam QS AlKautsar dan Al Maun
Menyaksikan
video atau mendengarkan suara mengaji
Melihat tulisan
Menyebutkan contoh-contoh mad aridl li sukun
|
Sumber
Buku
Qur’an hadits Kelas VIII
URL
:
http://paismpn4skh.wordpress.com/2009/10/25/hukum-mad/
|
2 x 40 menit
(2 JP)
|
VIDEO CONFERENCE FORM
Nama Guru : Ajat Sudrajat
Nama sekolah : MTs Nurul Muhtadin
Mata Pelajaran : Qur’an Hadits
Kelas/Program : VIII
Semester
: 1
Kurikulum : KTSP
(Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan )
KTSP adalah
kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing
satuan pendidikan (PP No. 19 Tahun 2005 Bab I Pasal 1 butir 15).
Standar Kompetensi :
Membaca Al-Qur’an surah pendek pilihan
Menerapkan Al-Qur’an surat pendek
pilihan dalam kehidupan tentang ketentuan rizki
Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari
tentang kepedulian
sosial
Memahami
Hadis tentang tolong menolong dan mencintai
anak yatim
Kompetensi Dasar : 1.1 Menerapkan hukum bacaan
qalqalah, tafkhim, dan mad ‘arid lis-sukun dalam Al-Qur’an
Indikator : 1.2 Dapat menerapkan hukum bacaan qalqalah,
tafkhrm, dan mad ‘arid lis-sukun dalam Al_qur’an
Kompetensi Dasar
|
Pokok Bahasan
|
Skenario
|
Interaksi
|
Tugas
|
Waktu
|
Referensi
|
1.1.
Menerapkan
hukum bacaan qalqalah, tafkhim, dan mad ‘arid lis-sukun dalam
Al-Qur’an
|
hukum bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun
Mencari mad layyin, ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar
dan Al Maun
Mempraktikkan
bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al Maun
|
- Proses
Pembelajaran dibuka oleh guru,dan kemudian dijelaskan tata tertib jalannya
video conferance. Interaksi antar partisipan ( iswa dan guru dari
masing-masing sekolah)
- Presentasi
tentang jenis-jenis pelapukan dan pembentukan tanah
- Tanya
- Jawab
- Resume
“jenis-jenis pelapukan, proses pembentukan tanah, jenis-jenis tanah”
- Membuat
Kesimpulan
- Menutup
|
- Fasilitator
membuka pelajaran dengan menyajikan audio visual tentang mad aridl lisukun
- Partisipan
menyimak pemaparan narasumber
- Diskusi
dengan Narasumber
- Partisipan
diminta memberikan contoh-contoh mad aridl lisukun
- Fasilitator
menyimpulkan
- Guru
menutup conference
|
- Membuat kliping tentang contoh mad
aridl lisukun
|
5
menit
40
menit
10
menit
15
menit
10
menit
5
menit
|
Buku
Qur’an Hadits Kelas VIII
URL
:
http://www.youtube.com/watch?v=zsXUKNL8z8U
http://www.youtube.com/watch?v=TOYLEXFg-kQ
|
RUNNING ORDER
Mendeskripsikan hukum bacaan mad aridl lisukun
pada surat2 pendek pilihan
Tanggal : 27 Mei 2014
WIB
|
WITA
|
WIT
|
MENIT
|
SPEAKER
|
EVENT
|
8:00
|
9:00
|
10:00
|
-
|
-
|
Pre-Connection
|
8:00
|
9:00
|
10:00
|
-
|
-
|
Start of the
Session
|
8:05
|
9:05
|
10:05
|
15
|
AJAT SUDRAJAT
(MTs Nurul
Muhtadin, serang)
ANIS
FAHRUROZI
(MTs N Serang)
|
Membuka
Proses Pembelajaran, Interaksi antar koneksi,Partisipan-Guru-Siswa-Narasumber
(MTs Nurul
Muhtadin, MTs N Serang, MTs N Cilegon )
|
8:42
|
9:42
|
10:42
|
40
|
AJAT SUDRAJAT
|
Presentation: hukum bacaan mad aridl lisukun pada surat2
pendek pilihan
|
9:47
|
10:47
|
11:47
|
10
|
All
Participants
|
Tanya – Jawab
|
9:57
|
10:57
|
11.57
|
10
|
All
Participants
|
Resume “Contoh-contoh
dari mad aridl li sukun”
|
10:02
|
11.02
|
12.02
|
5
|
AJAT SUDRAJAT
|
Summary of
the Workshop
|
10:05
|
11.05
|
12.05
|
5
|
AJAT SUDRAJAT
|
Closing
|
10:05
|
11.05
|
12.05
|
-
|
-
|
End of the
Session
|