Popular Post

Posted by : Unknown Sabtu, 14 Juni 2014

DESAIN PEMBELAJARAN QUR'AN HADITS BERBASIS ICT

MATERI KELAS VII SEMESTER GANJIL



Disusun untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan
Dosen DR.H.FATAH SULAIMAN



Disusun oleh :
Ajat Sudrajat/7772130141.
Email: Ajat_ts@yahoo.com
TPm B/SEMESTER III





PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

PROGRAM PASCASARJANA (S2)
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
2014


PROGRAM MAPPING

Nama Guru                 :           Ajat Sudrajat
Nama sekolah              :          MTs Nurul Muhtadin
Mata Pelajaran            :          Qur’an Hadits
Kelas/Program             :          VIII  
Semester                      :          1
Kurikulum                   :          KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan )
KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan (PP No. 19 Tahun 2005 Bab I Pasal 1 butir 15).
Standar Kompetensi                 :           Membaca Al-Qur’an surah pendek pilihan
                                                              Menerapkan Al-Qur’an surat  pendek pilihan dalam kehidupan tentang ketentuan rizki 
                                                              Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang kepedulian sosial
                                                              Memahami Hadis tentang tolong menolong dan  mencintai anak yatim
     Kompetensi Dasar                   :          1.1 Menerapkan hukum bacaan qalqalah, tafkhim, dan mad ‘arid lis-sukun dalam Al-Qur’an
Indikator                                   :         1.2 Dapat menerapkan hukum bacaan qalqalah, tafkhrm, dan mad ‘arid lis-sukun dalam Al_qur’an
Course Method                        :          VC : 25% , Web-based 30%, 45% F2











Generic Form

Nama Guru                 :           Ajat Sudrajat
Nama sekolah              :          MTs Nurul Muhtadin
Mata Pelajaran            :          Qur’an Hadits
Kelas/Program             :          VIII 
Semester                      :          1
Kurikulum                   :          KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan )
KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan (PP No. 19 Tahun 2005 Bab I Pasal 1 butir 15).
Standar Kompetensi                 :           Membaca Al-Qur’an surah pendek pilihan
                                                              Menerapkan Al-Qur’an surat  pendek pilihan dalam kehidupan tentang ketentuan rizki 
                                                              Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang kepedulian sosial
                                                              Memahami Hadis tentang tolong menolong dan  mencintai anak yatim
     Kompetensi Dasar                   :          1.1 Menerapkan hukum bacaan qalqalah, tafkhim, dan mad ‘arid lis-sukun dalam Al-Qur’an
Indikator                                   :         1.2 Dapat menerapkan hukum bacaan qalqalah, tafkhrm, dan mad ‘arid lis-sukun dalam Al_qur’an


No.
Standar Kompetensi (SK)
Kompetensi Dasar (KD)
Pokok Bahasan
F2F
Video Conference
Web-based course

1.Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan
1.1.   Menerapkan hukum bacaan mad layyin, mad ‘aridl lissukundalam QS Al Kautsar dan Al Maun   
-    Hukum bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun
-    QS Al Kautsar dan Al Maun
V





1.       
1.2.   Menerapkan hukum bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin dalam Al-Qur’an
-    Hukum bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin
-    Al-Qur’an
V
V


2.      Menerapkan Al-Qur’an surat  pendek pilihan dalam kehidupan tentang ketentuan rizki 
2.1.   Memahami isi kandungan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah   
-    Terjemahan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
-    Isi kandungan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh


V


2.2.   Memahami ke-terkaitan isi kan-dungan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizki dalam kehidu-pan
-    Pengertian rizki
-    Macam-macam ke-tentuan rizki
-    Contoh tentang ketentuan rizki dalam kehidupan
-    isi kandungan QS Al Quraisy dan Al In-syiroh dedngan ketentuan rizki dalam ke-hidupan











V
V


2.3.   Menerapkan isi kandungan Q.S Al-Quraisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan
-    isi kandungan Q.S Al-Quraisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan
-    Macam-macam ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan
-    Contoh tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan













V
V

Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang kepedulian sosial
4.1.   Menulis Hadis tentang  tolong menolong dan  mencintai anak yatim
-    Terjemahan QS Al Kautsar dan Al Ma’un
-    Isi kandungan QS Al Kautsar dan Al Ma’un tentang kepedulian sosial

V




Memahami Hadis tentang tolong menolong dan  mencintai anak yatim
4.2.   Menerjemahkan makna Hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
-    fakta kehidupan so-sial masyarakat yang ada dalam kehidupan
-    contoh perilaku orang yang hidup hanya memikirkan diri sendiri
-    Cara hidup berma-syarakat yang sesuai dengan perintah agama
-    contoh perilaku orang yang peduli terhadap lingkungan sosial sesuai dengan isi kandungan  Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un










V









V


4.3.   Menghafal Hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
-    Hadis tentang  tolong menolong
-    Hadis tentang mencintai anak yatim
V

V


4.4.   Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadis dalam perilaku tolong menolong dan mencintai anak yatim dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
-    Isi kandungan Hadis tentang  tolong menolong
-    Contoh perilaku tolong menolong dalam fenomena kehidupan
-    Batasan tolong menolong yang dianjurkan dan dilarang agama
-    Isi kandungan Hadis tentang mencintai anak yatim
-    Contoh cara mencintai anak yatim
-    Keutamaan mencintai anak yatim
V





V











Program Mapping

Web Based Form
Nama Modul       : Al-Qur’an surah pendek pilihan
Pengajar               : AJAT SUDRAJAT
Standar Kompetensi
1. Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan
Kompetensi Dasar
1.1 Menerapkan hukum bacaan mad layyin, mad ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al Maun   
Indikator
Materi
(pokok bahasan, sub
pokok bahasan)
Objek Ajar
Interaksi (Komunikasi)
Aktivitas Belajar Siswa
Sumber belajar dan
(url)
Alokasi Waktu
Teks
Presentsi
Gambar
Audio
Video
Simulasi
Asessment
(kuis, tugas, self-test, tes formatif, tes sumatif)
-    Menjelaskan hukum bacaan mad layyin, ‘aridl lissukun
-    Mengidentifikasi mad layyin dan ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al Maun   
Mengaplikasikan bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al Maun
Hukum bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun QS Al Kautsar dan Al Maun   

-  Macam-macam pelapukan batuan
-  Macam-macam tanah
Menemukan tunjukan jenis-jenis pelapukan
-   
-  Menjelaskan tentang mad layyin, ‘aridl lissukun


Di dalam kelas
Jenis Tagihan:
-  Tugas Individu, tugas kelompok, ulangan.

Bentuk instrumen:
-  Tertulis
-  Lisan
-  Guru
-  Siswa
-  Lingkungan Sekolah
Menjelaskan hukum bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun
Mencari mad layyin, ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al Maun   
Mempraktikkan bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun dalam QS AlKautsar dan Al Maun

Menyaksikan  video atau mendengarkan suara mengaji

Melihat tulisan

Menyebutkan contoh-contoh mad aridl li sukun
Sumber
Buku Qur’an hadits  Kelas VIII
URL :


http://paismpn4skh.wordpress.com/2009/10/25/hukum-mad/
2 x 40 menit
(2 JP)














VIDEO CONFERENCE FORM
Nama Guru                 :           Ajat Sudrajat
Nama sekolah              :          MTs Nurul Muhtadin
Mata Pelajaran            :          Qur’an Hadits
Kelas/Program             :          VIII 
Semester                      :          1
Kurikulum                   :          KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan )
KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan (PP No. 19 Tahun 2005 Bab I Pasal 1 butir 15).
Standar Kompetensi                 :           Membaca Al-Qur’an surah pendek pilihan
                                                              Menerapkan Al-Qur’an surat  pendek pilihan dalam kehidupan tentang ketentuan rizki 
                                                              Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang kepedulian sosial
                                                              Memahami Hadis tentang tolong menolong dan  mencintai anak yatim
     Kompetensi Dasar                   :          1.1 Menerapkan hukum bacaan qalqalah, tafkhim, dan mad ‘arid lis-sukun dalam Al-Qur’an
Indikator                                   :         1.2 Dapat menerapkan hukum bacaan qalqalah, tafkhrm, dan mad ‘arid lis-sukun dalam Al_qur’an


Kompetensi Dasar
Pokok Bahasan
Skenario
Interaksi
Tugas
Waktu
Referensi
1.1.  Menerapkan hukum bacaan qalqalah, tafkhim, dan mad ‘arid lis-sukun dalam Al-Qur’an
hukum bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun
Mencari mad layyin, ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al Maun   
Mempraktikkan bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al Maun
-  Proses Pembelajaran dibuka oleh guru,dan kemudian dijelaskan tata tertib jalannya video conferance. Interaksi antar partisipan ( iswa dan guru dari masing-masing sekolah)
-  Presentasi tentang jenis-jenis pelapukan dan pembentukan tanah
-  Tanya - Jawab 
-  Resume “jenis-jenis pelapukan, proses pembentukan tanah, jenis-jenis tanah”
-  Membuat Kesimpulan
-  Menutup

-  Fasilitator membuka pelajaran dengan menyajikan audio visual tentang mad aridl lisukun
-  Partisipan menyimak pemaparan narasumber
-  Diskusi dengan Narasumber
-  Partisipan diminta memberikan contoh-contoh mad aridl lisukun
-  Fasilitator menyimpulkan
-  Guru menutup conference
-  Membuat kliping tentang contoh mad aridl lisukun
5 menit







40 menit


10 menit
15 menit


10 menit
5 menit

Buku Qur’an Hadits Kelas VIII
URL :

http://www.youtube.com/watch?v=zsXUKNL8z8U


http://www.youtube.com/watch?v=TOYLEXFg-kQ

RUNNING ORDER

Mendeskripsikan hukum bacaan mad aridl lisukun pada surat2 pendek pilihan
Tanggal : 27 Mei 2014
WIB
WITA
WIT
MENIT
SPEAKER
EVENT
8:00
9:00
10:00
-
-
Pre-Connection
8:00
9:00
10:00
-
-
Start of the Session
8:05
9:05
10:05
15
AJAT SUDRAJAT
(MTs Nurul Muhtadin, serang)
ANIS FAHRUROZI
(MTs N Serang)
Membuka Proses Pembelajaran, Interaksi antar koneksi,Partisipan-Guru-Siswa-Narasumber
(MTs Nurul Muhtadin, MTs N Serang, MTs N Cilegon )
8:42
9:42
10:42
40
AJAT SUDRAJAT
Presentation: hukum bacaan mad aridl lisukun pada surat2 pendek pilihan
9:47
10:47
11:47
10
All Participants
Tanya – Jawab
9:57
10:57
11.57
10
All Participants
Resume “Contoh-contoh dari mad aridl li sukun”
10:02
11.02
12.02
5
AJAT SUDRAJAT
Summary of the Workshop
10:05
11.05
12.05
5
AJAT SUDRAJAT
Closing
10:05
11.05
12.05
-
-
End of the Session






Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 As_Suja' - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -